Sabtu, 19 Mei 2012

BAB I PENDAHULUAN


3.1 Jenis dan Metode Penelitian
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, karena peneliti turun langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang sesuai dengan masalah penelitian.
Sesuai dengan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian, maka peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang dilakukan semata-mata hanya berdasarkan pada fakta yang ada atau fenomena yang memang secara empiris hidup pada penuturnya ( Sudaryanto, 1992: 62).
3.2 Data dan Sumber Data
3.2.1 Data
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bahasa lisan. Data bahasa lisan tersebut dipilih dari hasil interaksi masyarakat di Desa Teporoko, Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe berupa tuturan-tuturan dalam bentuk kalimat atau kata-kata yang memuat tentang kata ganti orang yang dituturkan oleh penutur asli yang sesuai dengan konteks pembicaran.
3.2.2 Sumber Data
Sehubungan data penelitian ini berupa data lisan maka sumber data dalam penelitian ini adalah informan. Informan yang ditetapkan dalam penelitian ini terbagi dua yaitu informan dari penutur asli bahasa ereke terdiri dari 3 orang dan informan dari penutur asli bahasa wawonii terdiri dari 3 orang. Orang yang dijadikan sebagai informan adalah mereka yang memenuhi criteria sebagai berikut:
a.    Penutur asli bahasa yang diteliti
b.    Berdomisili di lokasi penelitian
c.    Memiliki artikulasi yang baik
d.    Komunikatif sehingga memahami apa yang diajukan peneliti
e.    Memiliki waktu untuk memberikan data kebahasaan (Marafad, 2008:18)
3.3    Metode dan Teknik Pengumpulan Data
3.3 1 Metode Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data dari peneliti, peneliti menggunakan metode simak dan metode cakap, yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh data dengan menyimak setiap pembicaraan informan. Metode cakap yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh data lisan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan informan.
3.3.2 Teknik pengumpulan Data
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Yaitu:
1.    Teknik rekam, yaitu teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara merekam percakapan informan, terutama yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik rekam digunakan dengan pertimbangan bahwa data yang diteliti berupa data lisan. Teknik ini dilakukan dengan berencana, sistematis maupun dengan serta merta.
2.    Teknik catat yaitu cara yang dilakukan peneliti untuk mencatat data-data yang ada hubungannya dengan masalah peneliti, kemudian diseleksi, diatur, selanjutnya diklasifikasikan.
3.    Elisitasi, yaitu mengajukan pertanyaan secara langsung dan terarah.

3.4    Metode dan Teknik Analisis Data
Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini mengacu pada pendekatan structural yang bersifat deskriptif sinkronis, yakni peneliti berusaha memberikan gambaran objektif tentang bentuk pronomina dengan memberlakukan bahasa tersebut dalam pemakaian masyarakat tutur pada masa sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar